Beranda > Peristiwa > DPR Plesiran dengan Dana 5,7 M

DPR Plesiran dengan Dana 5,7 M

Di tengah jadwal reses atau masa istirahat sidang parlemen, Komisi I DPR RI diam-diam menggelar kunjungan kerja ke lima negara. Menurut catatan Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (Fitra), anggota Komisi I menggelar kunjungan kerja ke Amerika Serikat, Turki, Rusia, Spanyol, dan Perancis.

“Selain DPR tidak mau menghentikan pembangunan gedung baru DPR, ada juga ‘hobi’ lain yang tidak mau dihentikan, yaitu mengenai jalan-jalan ke luar negeri. Diam-diam, anggota DPR dari Komisi I, Rabu, tanggal 13 April 2011, melakukan kunjungan ke luar negeri alias plesiran ke luar negeri,” ungkap Koordinator Advokasi dan Investigasi Ucok Sky Khadaffi, Jumat (15/4/2011).

Menurut Fitra, komisi untuk pertahanan, keamanan, dan informasi ini menghabiskan anggaran sebesar Rp 5,7 miliar untuk pergi ke luar negeri. Setiap rombongan terdiri dari 11 anggota Komisi I DPR RI dan tiap-tiap perjalanan menghabiskan waktu satu minggu atau tujuh hari ke depan.

Perjalanan digelar bergelombang. Rombongan pertama yang berangkat adalah rombongan anggota komisi ke Perancis pada tanggal 13 April malam, yang dipimpin oleh Wakil Ketua Komisi I DPR RI TB Hasanuddin (PDI-P). Rombongan ke Spanyol berangkat pada tanggal 14 April, dilanjutkan rombongan ke Turki dan Rusia yang dijadwalkan berangkat pada tanggal 16 April. Rombongan ke Amerika Serikat yang dipimpin oleh wakil ketua lainnya, Hayono Isman (Demokrat), dijadwalkan berangkat pada minggu pertama Mei.

“Kunjungan plesiran ini jelas-jelas suatu pekerjaan pemborosan yang tidak bisa dimaafkan karena anggaran yang mereka pergunakan adalah anggaran dari pajak publik. Seharusnya anggaran plesiran mereka digunakan untuk kepentingan program-program masyarakat miskin. Tapi, ini malahan dipergunakan untuk jalan-jalan ke luar negeri yang hanya mencari kesenangan pribadi. Apalagi keberangkatan mereka ini tidak ada pengumuman yang resmi dari DPR. Hal ini menunjukkan bahwa DPR ini seperti sebuah lembaga yang tidak punya tanggung jawab,” tandasnya.

Namun demikian, Wakil Ketua Komisi I DPR RI Hayono Isman mengaku bahwa kunjungan kerja yang dilakukan anggota Komisi I ke lima negara sangat signifikan untuk pengembangan industri pertahanan Indonesia ke depannya. Hayono menyebutkan sejumlah tujuan rombongan yang dipimpinnya ke Amerika Serikat.

Politisi Demokrat ini menambahkan mengatakan rombongan yang akan berangkat pada tanggal 6 Mei mendatang ini juga akan melakukan pertemuan dengan kalangan industri pertahanan AS. Hayono mengharapkan kunjungan ini membuahkan kesepakatan kerja sama antara industri pertahanan AS dan Indonesia dalam hal transfer teknologi.

Dalam peretemuan ini, Hayono mengatakan rombongan juga akan berusaha memastikan kondisi pesawat tempur F-16 dan pesawat angkut militer Hercules C-130 bekas yang rencananya akan dihibahkan AS kepada Indonesia. “Kita harus tahu, jangan sampai kita dikasih sampah, misalnya bagaimana itu bisa dikembangkan lagi,” katanya.

Hayono Isman menyampaikan permohonan maaf kepada publik dan mengakui kesalahan anggota Dewan yang tidak terbuka sebelumnya dengan rencana kunjungan kerja tersebut.

“Memang, semestinya sebelum kami berangkat publik harusnya diberi tahu. Jangan sampai kunjungan kerja dilaporkan hanya setelahnya. Seharusnya ada di website. Saya minta maaf belum sampai berpikir begitu sebelumnya,” kata Hayono di ruang tamu Komisi I DPR, Jumat (15/4/2011).

Politisi Demokrat itu berjanji ke depannya ia akan mendorong komisi untuk mengumumkan terlebih dahulu rencana kegiatan dewan, termasuk perjalanan kunjungan kerja ke luar negeri di dalam situs resmi DPR. Dengan demikian, katanya, publik bisa mengetahui dan memahaminya.

(Kompas)

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: